Sabtu, 21 Oktober 2017

Manfaat Push-up bagi tubuh kita


Push up adalah suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep. Posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Kemudian badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. Badan turun tanpa menyentuh lantai atau tanah. Naik lagi dan dilakukan secara berulang. Kegiatan ini dapat dikombinasikan dengan:
1.     mengubah jarak telapak tangan
2.     bentuk tangan yang menyentuh lantai: membuka, mengepal, menggunakan jari, atau punggung tangan
3.     mengubah jarak antar kaki
4.     mengubah ketinggian letak kaki: dengan menggunakan kursi atau kaki yang satu ditindihkan ke kaki yang lain
5.     mengubah jumlah tangan yang digunakan : satu tangan atau dua tangan

Ø  Manfaat Push Up untuk Pembentukan Fisik
1.      Membantu Kekuatan Tulang
Tulang adalah salah satu kekuatan inti tubuh yang sangat penting. Tulang menjadi kekuatan tubuh untuk berdiri, duduk dan melakukan berbagai macam gerakan. Masalah kesehatan tulang menjadi masalah umum, yang biasa diderita oleh laki-laki dan perempuan pada usia lanjut. Beberapa keluhan yang paling sering terjadi adalah masalah tulang keropos, nyeri sendi dan tulang rapuh.
Masalah tulang ini, bisa disebabkan karena tulang rawan pada tubuh tidak terbiasa melakukan gerakan saat masih usia muda. Jika tidak ingin mengalami masalah ini, maka bisa melakukan push up untuk memperkuat tulang rawan pada bagian kaki, pergelangan tangan, lengan dan bahu.
2.      Kekuatan Otot Dada
Dada adalah anggota tubuh yang berperan besar saat melakukan push up. Gerakan ini akan memaksa otot dada (pektoralis) untuk menarik dan menekan badan tanpa harus bertumpu pada bagian tubuh lain. Jika gerakan push up dilakukan secara teratur maka otot dada akan terpelihara dan bisa membentuk massa otot yang sangat sehat.
3.      Meningkatkan Massa Otot Bisep dan Trisep
Pembentukan masa otot bisep dan trisep dilakukan dengan metode latihan angkat beban, pada manfaat fitness. Tapi jika tidak mempunyai banyak waktu, maka bisa melakukan push up secara teratur. Gerakan push up akan meningkatkan kerja otot bisep dan trisep. Hal ini terjadi saat badan bergerak naik dan turun dengan tekanan pada kekuatan otot lengan. Jika push up dilakukan dengan gerakan yang benar maka perkembangan otot bisep dan trisep akan terjadi dengan cepat.
4.      Melatih Otot Jantung
Banyak orang yang berpikir bahwa push up hanya akan membuat otot pada bagian dada menjadi  lebih besar? Hal ini memang tidak salah, karena push up mendorong kekuatan otot dada, bahu dan lengan menjadi lebih kuat. Namun bukan berarti push up tidak memiliki manfaat penting untuk otot dalam tubuh seperti otot jantung.
Orang yang sering melakukan push up terbukti memiliki otot jantung yang lebih kuat daripada orang yang tidak melakukan push up. Gerakan rutin pada push up telah membuat otot jantung bekerja lebih banyak sehingga aliran darah juga menjadi lebih kuat. Hal ini juga membuat sistem metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik.



Untuk videonya silahkan klik Link dibawah ini yang sobat ☺









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aktifitas yang Sehat mulai dari Bangun tidur sampai Tidur kembali

Pukul 00.00-00.29 waktu yang baik untuk tidur. Semoga kamu sudah tidur pada jam-jam ini ya Kamu akan merasa lebih lelah dan menga...